Sunday 5 December 2010

Perbedaan filsafat,ilmu,dan filsatfat ilmu

Perbedaan Filsafat, Ilmu Dan Filsafat Ilmu
Filsafat
Menurut Harold H. titus, filsafat adalah suatu usaha untuk memahami alam semesta, maknanya dan nilainya. Tujuan ilmu adalah control dan tujuan seni adalah kreativitas, kesempurnaan dan keindahan komunikasi dan ekspresi , maka tujuan filsafat adalah pengertian dan kebijaksanaan.Ilmu memberikan kepada kita pengetahuan, dan filsafat memberikan kita hikmah. Filsafat memberikan kepuasan kepada keinginan manusia akan pengetahuan yang tersusun dengan tertib, akan kebenaran.

Filsafat adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempunyai ilmu pengetahuan itu sendiri. Tetapi filsafat tidak termasuk dalam ruang ilmu pengetahuan yang khusus boleh dikatakan ilmu pengetahuan tetapi objeknya tidak terbatas. Disamping ilmu pengetahuan maka, di pergunakan suatu ilmu pengetahuan lain lagi yaitu filsafat.


Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan adalah suatu sistem dari berbagai pengetahuan  yang masing masing menenai suatu lapangan pengalaman tertentu hingga menjadi kesatuan. Menurut Harold M, ilmu atau sciense diartikan sebagai common sense yang diatur dan di organisasikan , mengenakan pendekatan terhadap benda benda atau peristiwa dengan menggunakan metode metode observasi yang teliti dan kritis.
Tujuan ilmu adalah membantu kehidupan dan kepentingan manusia didunia yang fana ini. Sesuai dengan bidang masing masing. Dengan ilmu kita menghasilkan teknologi yang memungkinkan manusia dapat bergerak dan bertindak secara cermat dan tepat.
    Objek material atau lapangan filsafat itu bersifat universal, yaitu segala sesuatu yang realita (ada) sedangkan ilmu objek materialnya bersifat Empiris. Artinya ilmu hanya terfokus dalam bidang masing masing secara kaku dan terkotak kotaksedangkan filsafat tidak seperti itu. Filsafat menjelaskan secara detail sampai akhir yang mutlak dan mendalam , sedangkan ilmu menunjukkan sebab sebab yang tidak begitu mendalam yang sekunder. Nilai ilmu terletak pada kegunaan pragmatis, sedangkan filsafat timbulnya dari nilainya.

Filsafat ilmu
Filsafat ilmu adalah penyelidikan tentang ciri-ciri pengtahuan ilmiah dan cara untuk memperolehnya,jadi tujuan analisis mengenai ilmu pengetahuan dan cara-cara bagaimana pengetahuan itu diperoleh.
    Menurut the liang gie dia mendefinisikan filsafat ilmu adalah segenap pemikiran reflektif terhadap persoalan-persoalan mengenai ssegala hal yang menyangkut landasan ilmu maupun hubungan ilmu dengan segala segi dari kehidupan manusia.Filsafat ilmu khusus membicarakan kategori serta metode yang digunakan dalam ilmu tertentu atau dalam kelompok ilmu tertentu seperti kelompok ilmu alam,masyarakat,tehnik dan yang lainnya.(Beerling,1988)

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

 

Copyright @ 2013 Edi.my.id.