Sunday 5 December 2010

DARI EPISTEMOLOGI KE FILSAFAT ILMU

EPISTEMOLOGI
Epistemologi berasal dari kata yunani, episteme dan logos. Epistome biasa di artikan pengetahuan atau kebenaran dan logos di artikan sebagai teori pengetahuan yang dalam bahasa inggrisnya menjadi theory of knowledge.
Istilah-istilah lain yang setara maksudnya dengan epistemologi dalam pelbagai kepustakaan filsafat kadang-kadang di sebut juga logika material, crieteologi, kritika pengetahuan, gnosiologi dan dalam bahasa Indonesia lazim di pergunakan istilah filsafat pengetahuan.
FILSAFAT ILMU
Filsafat ilmu adalah penyelidikan tentang ciri-ciri pengetahuan ilmiah dan cara untuk memperoleh pokok perhatian filsafat ilmu adalah proses penyelidikan ilmiah itu sendiri.
Istilah lain dari filsafat ilmu adalah theory of science ( teori ilmu ), metoscience ( adi- ilmu ), science of science ( ilmu tentang ilmu ).
Dari epistemologi ke filsafat ilmu
Dari epistemologi membicarakan tentang sumber pengetahuan dan bagaimana cara memperoleh pengetahuan.
Sedangkan filsafat ilmu membahas masalah ilmu pengetahuan dan cara-cara bagaimana pengetahuan itu di peroleh.
Dari epistemology ke filsafat ilmu memiliki hubungan yang sangat erat. Yang mana antara epistemoiogi dan filsafat ilmu sama-sama membahas tentang ilmu pengetahuan dan bagaimana memperolehnya.

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

 

Copyright @ 2013 Edi.my.id.