Monday 25 May 2015

Merangsang Kreativitas Anak

Pernahkah Anda melihat model anak yang kritis luar biasa? Rasa ingin tahunya akan segera hal yang baru amat besar. Pertanyaan demi pertanyaan ia ajukan hingga orang kehabisan bahan untuk menjawabnya.



Anak anak seperti inilah yang memiliki kesempatan dan kans besar untuk menjadi orang cerdas dan pandai, karena begitu hausnya mereka akan ilmu.
Apakah anak anda tergolong berbakat menjadi calon intelektual seperti ini? Ciri cirinya yang utama adalah dari begitu besar rasa ingin tahunya terhadap benda benda dan hal yang baru. Ini telihat dari gencar gencarnya ia bertanya dari berbobotnya pertanyaan pertanyaan itu.
Para calon intelektual ini tidak terlahir begitu saja, akan tetapi sangat bergantung kepada pola pendidikan yang mereka terima. Orang tua perlu banyak mengetahui tentang metode metode yang benar untuk mengembangkan kreativitas otak anak. Jangan sampai putra putri kita tergolong mereka yang berbakat bagus tetapi tidak memperoleh bimbingan yang tepat sehingga bakatnya pun terpendam dan hilang.

PERTANYAAN RINGAN YANG EFEKTIF.
Salah satu upaya yang efektif dalam upaya mengembangkan kemampuan berfikir anak adalah melalui jalur komunikasi aktif. Anak dilatih untuk mengembangkan pengertian dan wawasan berfikir melalui pembiasaan menjawab pertanyaan.
Beberapa pertanyaan berbobot yang baik diajukan kepada anak ialah kata tanya mengapa, apa, bagaimana, berapa dan seterusnya.
Sebagai contoh ketika menonton tv dan anak melihat gambar mobil, maka pertanyaannya gambar apa itu, dan kenapa mobil bisa bergerak? Dan seterusnya.

Dikutip dari majalah Hidayatullah edisi 11/TH x april  1998

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

 

Copyright @ 2013 Edi.my.id.